Sedang baca buku biografinya Melinda Gates--istrinya Bill Gates--yg baru rilis, berjudul "The Moment of Lift". Baru chapter awal, tapi ada satu pembahasan yg menggelitik pikiran sy, yaitu soal kontrasepsi. Untuk seorang yg belum menikah juga not sexually active, agak konyol nulis ini, tapi gpp. 😅

Doc.Pribadi: The Moment of Lift - Melinda Gates

Sudah jadi rahasia umum mereka berdua menjalankan organisasi filantropi yg fokus dibidang kesehatan. Nah dibuku itu Ms.Meli cerita awal-awal pendirian organisasi itu, yg berfokus pada family planning dengan distribusi kontrasepsi (bagi perempuan) di kota2 Afrika, yg kesulitan mendapatkan hal itu. Sy persingkat, yg membuat sy heran adalah "Kenapa kontrasepsi itu targetnya = wanita?"

Sy mendeskripsikan male itu begini "Male itu mahluk yg punya body part untuk membuat 'racun', yg mana 'racun' itu meracuni tubuhnya sendiri". Yap, itu adalah testis dan racunnya adalah sperm. Laki sehat memproduksi 60rb sperm/menit, banyak banget, dan itu harus dikeluarkan, dengan sex atau mekanisme otomatis tubuh yg dikenal "mimpi basah". Nah, urgensi mengeluarkan itu ada dilaki, yg punya masalah laki, kenapa seolah domain kontrasepsi ini fokus di wanita?

Kontrasepsi male itu yg sy tau 2, kondom dan vasectomy, dan riskless. Female? banyak, pil, hormone, IUD dll. dan beresiko, cocok-cocokan, bisa pindah2 dalam perut kyk IUD, dan itu harus diambil dengan operasi kecil. Ada KB implan yg dipasang dilengan, dan itu masangnya berdarah-darah. OMG, yg punya urgensi laki ngapa yg kerepotan cewek? udahmah kalo hamil yg repot ini itu dan sakit melahirkan itu cewek. Kenapa laki seolah tidak ada effortnya dalam masalah biologisnya ini?

Jurnal berjudul "Contraceptive Justice: Why We Need a Male Pill" oleh Lisa Campo-Engelstein, PhD, sedikit menjawab pertanyaan sy. Penyebab utamanya itu mindset, jika hal itu tanggung jawab wanita secara penuh, meskipun katanya laki mulai aware juga soal ini. Jumlah metode kontrasepsi bagi female per Feb 2012 saat jurnal itu terbit ada 11, sedangkan male hanya 2 seperti yg sy sebut diatas.

Development kontrasepsi itu bisnis, selama male not aware bahwa itu pun masalah mereka, tidak ada pasar, tidak akan ada perubahan.


LABEL: Human , Sex , What I Think