Jam 4 pagi emak ketuk pintu kamar, "ji, kotak amal ada yg bongkar", mendengar kabar itu sy excited, "mampus" dalam hati, wkwkw, juga deg-degan, takutnya webcam yg sy tanam yg mana bukan diperuntukan untuk mematai tidak menangkap moment karna error atau apapun. Pasalnya, sejak februari, ditotal sudah 4x kotak amal dirusak, seminggu sekali dirusak.

Doc.Pribadi: Kotak Amal yang di Rusak

Peristiwa maling ini masuk masjid terekam kamera, hanya saja sy perhatikan baik-baik sekian menit, sy ngg tau ini orang siapa, meski harusnya sedari awal ngg perlu susah payah analisa, karena memang ngg gaul, sampe botak juga ngg bakal tau 😅. Bikin kolase, crop sebadan, cetak, bawa masjid, tanya jamaah, "ah, si A", "iya si A", diskusi berakhir singkat karna masuk waktu subuh.

Pagi-pagi babeh laporan kepengurus RT wilayah lain, karna terduga A tinggal di beda wilayah. Lalu info antar pengurus ini sudah menyebar, dikalangan pedagang, mereka cukup yakin A adalah orangnya. A adalah anak yg dikenal suka mengutil. Hampir semua orang menduga A pelakunya, karena hasil capture kamera yg dihasilkan tidak begitu jelas.

Waktu isya babeh ngg ada di masjid, jamaah bilang tdi ada yg manggil. Selepas isya, informan datang kerumah, "bukan A tapi Z, ada saksi yg lihat, sedang disidang, rame banget warga, bla..bla..", salah sangka, dari perawakan mirip dengan A, untung sabar, soalnya ada yg berniat untuk nyeret A, karna greget babeh ngg gerak juga.

Z (14 tahun), bukan orang sini, diciduk saat diwarnet, masih mengenakan pakaian yg sama. Z ini spesialis masjid, sudah pernah kena kasus serupa, kadang bergerak berkelompok. Menurut mantan RW tempat Z tinggal, Z pernah dibui 4 hari, lalu "ditebus". Yg belum tau, praktik "tebus-menebus" ini memang "lazim".

Yg datang ramai, DKM dari banyak tempat datang juga, karna kasus serupa. Z mengaku telah keliling di banyak masjid. Bahkan baru sehari sebelum diciduk, disatu masjid ngambil uang 700rb. Masjid itu katanya sampai pasang CCTV berbiaya 3jt untuk nangkap anak ini, bukti ada, tapi dicari-cari pelaku ngg ketemu, akhirnya hari itu baru ketemu.

Z apes, operasi di masjid sini, isi kotak amalnya malam itu juga habis diamankan. Dapet zonk dan ketahuan sama webcam burem gue, mampus .. 🤣

LABEL: Intermezo , Sosial , What I Share