Suatu waktu dalam sebuah obrolan, ibu sy berdeduksi bahwa "kecerdasan seorang anak diturunkan dari ibunya". Dia menarik itu dari pengamatan lingkungan pada anak2 yg terindikasi cerdas, dengan bagaimana ibunya menyerap suatu informasi. Ngg sekeren itu, Ibu sy ini IRT yg mengikuti kegiatan pengajian Ibu2, dari sanalah pengamatan itu dilakukan.

Unknown: Inheritance of Intelligence

Dilain waktu, nenek sy dari Ibu pun punya pemahaman yg sama, dia nasehatin sy "kamu, klo cari calon itu yg pinter", walaupun pinter itu banyak arti, sy paham. Karena dikeluarga nenek ini memang agak concern soal pendidikan, anak-anaknya ini guru, ibu sy pun dulu sekolahnya keguruan, tapi memang tidak mengajar.

Apa sih gunanya cerdas?
Sy pernah cerita soal kelas 8.1, nah disana sy sebangku dengan anak yg jarang nulis, merhatiin guru kyk males-malesan, tampang juga kurang meyakinkan 😂 tapi dia ngerti apa yg diajarkan. Ngeselin orang ky gini, ky ngg pakai effort tapi cepet paham. Orang cerdas secara 'default' itu, lebih dimudahkan dalam memahami suatu hal.

Sy kadang merhatikan public figure yg pendidikannya bagus, ternyata orang tuanya pun memang berpendidikan. Sepertinya indikasi itu benar, jika kecerdasan anak itu memang diturunkan.

Dalam beberapa penelitian, soal kecerdasan itu diturunkan dari Ibu memang belum bisa dipastikan, karena katanya kecerdasan itu factornya banyak. Tapi kemungkinan orang tua yg cerdas raise anak cerdas itu mungkin, karena biasanya, orang tua seperti ini menciptakan lingkungan yg sesuai dengan dirinya ex: mengkoleksi buku bacaan, soal tontonan, dll. "Jika ingin membentuk orang, bentuk dulu lingkungannya".

Nah buat laki yg belum nikah, eh gw juga deh 😂, berharap anak cerdas, coba deh carilah calon istri yg pinter. Kalo lulusan SMA setidaknya biasa masuk 5 besar, atau kalo kuliah PTN IPK > 3, PTS > 3.3. Kenapa? karena yg concern soal nilai, berarti kemungkinan peduli atau bawel ke anaknya nanti juga besar. Walaupun kalo udah cinta si biasanya blur .. 😂

Itu hack BTW, karena secara natural, manusia itu selalu mencari kesamaan pada dirinya. Akan aneh ketika istrinya bilang "yang, udh baca buku parenting ini? gimana menurutmu?", "iy syng, kasihan gempi."

LABEL: Manusia , What I Think