Bingo! nih anak destructive sekali, mecahin kotak kaca, diganti kayu dicongkel sampe berantakan, pintu dikunciin, congkel jendela. Sebel banget gue, pengennya gw print yg banyak lalu tempel sepanjang jalan, biar semua warga setempat tau, mebunuh karakter.

Doc.Pribadi: Masuk lewat lubang kecil, mantep lah - CCTV (webcam)

Menyikapi hukum, apa ya hukum yg efektif itu? belum lama kembali lagi terdengar OTT (operasi tangkap tangan) oleh KPK di dikalangan "penjabat". Ngg bego lah, berada diposisi itu untuk tau kalau korupsi, kolusi, nepotisme itu melanggar hukum. Karena menurut sy, hukum bisa tidak efektif karena 2 hal, pertama informasi atas pasal/aturan/rules tidak terdistribusi dengan baik, yg kedua karena hukumnya sendiri tidak membuat orang takut untuk melanggar hukum.

BTW, apakah hukum yg berdiri diatas rasa takut itu lebih baik atau efektif? pemimpin Indonesia pernah menerapkan hukum yg seperti itu, yg paling sy tahu, di masa pemerintahan Soeharto tahun 80' dikenal dengan operasi "petrus", targetnya preman bertato, mereka ditembak mati dan mayatnya dibiarkan tergeletak dijalan, hasilnya kejahatan menurun drastis. Penegakan hukum serupa terjadi juga belum lama ini, di Filipina, presidennya Rodrigo Duterte, targetnya pemberantasan narkoba, suspect ditembak ditempat, ngg peduli sedang dengan siapa dan ditempat apa.

Hukum berasas "brutal" dan "barbar" semacam itu pasti ada pro dan contra, kecaman keras terutama datang dari penggiat HAM. Bagus si, setidaknya ada kontrol. Tapi entah, sy merasa bahwa bergeraknya HAM sendiri, agak-gak lah, karena digerakan berdasar voter yg nilainya ndak absolut, suka-suka, semacam ada politisasi dibalik itu sendiri.

Hukum juga bisa efektif tanpa tindakan "barbar", pernah dengar berita soal penutupan penjara di belanda? karena saking sedikitnya kasus kejahatan, dan agar sipir penjara tetap punya pekerjaan, belanda sampai "import" napi dari negara sekitarnya. Kok bisa? Sy melihat, kejahatan itu terjadi karna factor ekonomi dan pendidikan. GDP per kapita belanda sekitar USD 50.000 sedangkan indonesia USD 4.000 (wiki).

Menurut sy, jika Indonesia mau bermain santun, bisa, tapi lama, dengan cara naikan kapasitas otak tiap warga negara.


Hmm, jadi, hukum semacam apa yg disebut efektif itu?

LABEL: Human , Manusia , Sosial , What I Think