Baru hari ke-6 udah bingung mau nulis apa, sampe siang ngg nemu bahan untuk ditulis, wkwkwk, tapi akhirnya nemu juga. Jadi, dalam seminggu sekali, sebagai anak yang masih tinggal sama orang tua, kadang saya membantu orang tua. Salah satunya untuk mengemas terigu curah yang dibeli per karung seberat 25kg ke kantung plastik bening ukuran 2kg. Timbangan yang dipakai adalah timbangan dengan penerimaan berat maximal 2kg.

Doc.Pribadi: Menelisik Satuan Kilogram

Tidak sering, titik awal jarum timbangan ini salah, atau tidak tepat menunjuk angka 0, untungnya dibagian tengan timbangan ini terdapat adjustment, untuk mengkoreksi. Melihat ini jadi kepikiran, dari mana asal satuan kg itu ditentukan? apa yg dijadikan patokannya?

Menyelami wikipedia, 1kg itu diambil berdasarkan 1l (litre atau liter) air di suhu 3.98°c dengan tekanan 1 atm, entahlah gitu pokoknya. 1l itu berdasarkan volume kubik dengan sisi 10cm (10cmx10cmx10cm). Sebelum ke kilogram, gram (1mL) terlebih dulu diperkenalkan sebagai satuan "berat", tapi karena "berat" yang biasa digunakan dalam perdagangan ini praktiknya selalu melebihi satuan itu (gram), dan juga "berat" itu tidak stabil (bisa berubah karena tekanan dan suhu) jika distandarkan menggunakan bahan "cairan", maka dimulailah penelitian baru untuk melahirkan kilogram.

Teorinya dilahirkan setelah beberapa tahun penelitian, dan didapati hasil paling memuaskan tahun 1799 oleh 2 orang asal Francis dan Italia. Ditahun yang sama, dibuatlah prototype (tabung) berdasarkan penelitian itu dengan bahan paduan platinum dan iridium. 10 Desember 1799, prototype itu ditetapkan sebagai kilogramme des Archives (Kilogram of the Archives), yang kemudian 1889, menjadi rujukan International Prototype Kilogram (IPK). IPK inilah yang digunakan hingga saat ini sebagai dasar rujukan kilogram diseluruh dunia.

Sayangnya, IPK akan digantikan pada 20 Mei 2019 oleh Planck constant, yang didapat menggunakan alat Kibble balance. Karena IPK sejak diperkenalkan hingga saat ini sudah berkurang masa-nya sekitar 50 micrograms. Dia ngg konsisten jadi kudu diganti. Btw, 50μg itu katanya, +- sama dengan berat sehelai bulu halis. 😅

LABEL: 30HariBercerita , Intermezo , What I Share