Sekitar mulai 5 tahun yang lalu, keluarga besar buyut dari ibu--kakeknya ibu--selalu melakukan reuni setiap tahun, tepatnya dilakukan setiap 1 hari setelah lebaran. Saya kagum sama keluarga ini, anak, cucu, cicit, curut apalah, ngumpul disuatu tempat. Walaupun bapak saya bilang kegiatan ini meaningless karena ketika kumpul, setiap keluarga berkumpul dilingkaran masing-masing. 🤣

Pada suatu waktu, ada sesi merunut silsilah keluarga. Saat itu salah satu yang menerangkan agak sedikit terbata-bata dalam menjabarkan nama-nama keluarganya, karna tidak ada catatan apapun, hanya sebatas mengingat. Dari sana saya kepikiran "Gimana kalau sumber-sumber informasi ini udah ngg ada atau meninggal?", urutan silsilahnya bisa terputus.

Meskipun jika dipikir-pikir, untuk apa sih hal semacam ini? entah, tapi bagi saya ini menarik, dalam beberapa kesempatan bertanya soal silsilah keluarga, saya baru mendapati info kalau buyut saya dari Ibu (namanya Hamami) dan buyut saya dari bapak (namamya Hanapi) mereka berdua bersaudara. Yap betul, artinya Ibu dan Bapak saya pun saudaraan. Untungnya si anaknya ini ngg kelainan genetik, cuma agak-agak aja.. 😂
Jalur ibu > bapak > bapak > bapak
Sonaji > Ms > Ali Balya > Hamami > Abdul Fatah
Jalur bapak > ibu > bapak > bapak
Sonaji > Mr > Sufiah > Hanapi > Abdul Fatah
Untuk menjembatani hal ini, tadinya saya mau mengeluarkan effort lebih untuk membagun sebuah sistem. Tapi, sebelum repot-repot membuat standar sendiri, ternyata saya dapati sudah ada standarnya, yang disebut GEDCOM (Genealogical Data Communication).

Dengan mengikuti suatu yang telah distandarisasi, dukungan dalam membaca data gedcom ini lebih terjamin kedepannya dibandingkan bikin sendiri. Nah, jika ada yang juga tertarik untuk merunut silsilah keluarganya, searching saja di simbah, "gedcom family tree", ada beberapa web yang menyediakan layanan untuk merecord data-data tersebut, dan saya sarankan si cari web service yang bisa export ke file gedcom (.ged), jadi kalaupun suatu waktu web yg dipakai servicenya mati, data exportnya ini bisa diwariskan ke anak cucu nanti untuk diteruskan.

LABEL: 30HariBercerita , Manusia , Sosial , What I Share