Saya jadi cukup sering lihat iklan kredit online saat ini, kenapa ya? Negara dengan 87% atau 211 juta muslim, harusnya tau ini riba. Ya bagi yg mau tau. Dan 'sok' sekali, lu pun baru tahu hal semacam ini riba belum lama kan? betul. -_-"

Unknown: Umat Seperti Buih di Lautan

Tahun lalu diikutkan paksa mengikuti pelatihan untuk rencana merubah sistem program pengelolaan dana desa, menjadi syariah. Mendatangkan dosen ekonomi syariah dari Tazkia Bogor, Pak dosen bilang "ini serius saya harus merangkum mata kuliah 3 semester jadi 3 jam?", wkwkw, ngakak so hard. Pak dosen point out something important, "kenapa penerimaan sistem ekonomi syariah itu belum merata?", karena umat kita lama baku hantam soal 'qunut dan tidak qunut'. Lalai, sehingga sektor ekonomi lebih dulu digarap dan kuat menggunakan sistem kapitalis.

Ceramah-ceramah di masjid, masih banyak berkelut soal hablumminallah, hablumminanas sering abai, padahal hampir 68% waktu kita dihabiskan dengan manusia lainnya. Salah satunya ekonomi menjadi factor penting, terkait hajat hidup seseorang.

Saya melihat umat Islam berada pada track yg membaik saat ini, beberapa waktu lalu diadakan festival yg waw, #hijrahfest Juga konsolidasi ulama masa kini, soal persatuan umat. Tapi setelah memikirkan hal ini, umat masih cukup jauh dari kata ideal. Perasaan semacam ini mungkin hanya doppler effect. Entah, berada di ratio berapa dari 211 juta. Kenapa? karena iklan yg saya sebut diawal merupakan indicator, bahwa umat masih menjadi lahan seksi bagi sistem diluar syariah, kenapa syariah penting? karena riba itu dosa dan mendatangkan malapetaka.

Dalam ilmu fisika ada yg disebut doppler effect, yaitu perubahan frekuensi gelombang akibat perubahan posisi atau pergerakan pengamat relatif terhadap sumber gelombang atau sebaliknya. Saya mengadopsi nama ini, menjadi kosa kata saya sendiri, dengan pengertian sejenis tapi diaplikasikan dalam banyak hal. Semakin kita mendekat sumber apapun, semakin kita merasa posisi ini dirasa semua orang, padahal engga.

Masih banyak PR, kewajiban bagi yg tau untuk memberi tau, karena bukan cuma tugas ulama atau penceramah. Still, it's a good news. Tapi umat masih buih dilautan, seperti yg disampaikan Rosulullah dulu.

LABEL: Human , Muslim , Sosial , What I Share