Jadi suatu hari di tahun 2017, sempet nengokin top 2017 apps kategori apalah gitu di PlayStore-nya Google, dan ngeliat Kredivo masuk salah satu listnya. Baca-baca sekilas dan isenglah ngisi aplikasi buat pengajuan yang paling dasar, biar bisa dapet layanan Pay in 30 days-nya.


Ngg berselang lama, di approve tuh, meski cuma dapet limit 900k, maklum lah segitu juga udah "uyuhan", karena saya memang pengangguran. Modal jepretan KTP sama akun-akun marketplace doang. Beberapa hari kemudian, karena laper mata liat diskon dan ngg megang duit juga, akhirnya nyobalah belanja pake mode Pay in 30 days disalah satu merchants yang terdaftar disana. Sekitar 4 hari, barang seharga 500k sampe ditangan. Keren si ya, mereka bisa percaya minjemin duit secara percuma, meski ngg percuma juga, kan ada Identitas diri yang disetorkan.

Setelah kejadian itu, tertarik juga buat iseng nyoba apply layanan installment atau cicilannya, untuk mengaktifkan fitur ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya kartu keluarga, bill internet/tv kabel, STNK, statement Bank, slip gaji, dll. Akhirnya nyoba apply pake verifikasi reguler 3 hari, dokumen yang saya lampirkan yaitu KTP, KK, last 2 month e-statement bank--kalau pake BCA bisa unduh sendiri di KlikBCA. Udah si, seinget saya itu doang, beberapa jam kemudian dapet notif dokumen yang saya lampirkan ditolak karena tidak memenuhi syarat, disuruh ngisi suatu tautan yang ternyata ngisi akun Internet Banking, karena transaksi yang paling banyak itu di BCA, saya isikan login akun KlikBCA  dan password-nya, yes, biar mereka bisa nengok langsung aktifitas perBANKan lu. Ngg nunggu lama dapet notif approve, approved, gitulah pokoknya.

I don't expect to much, karena diterima juga "uyuhan", wkwkwkw, dapat limit 2.8jt buat cicilan 3 bulan, 5.3jt cicilan 6 bulan, dan 9.6jt cicilan 12 bulan. Buat nyicil pake layanan Kredivo kena bunga 2.95%, meski saya nyoba ngitung-ngitung sendiri dan ngebandingin sama simulasi perhitungan di bukalapak dan shopee (salah dua merchants yang mendukung Kredivo), saya ngg ngerti gimana perhitungan bunga 2.95% itu. Maklum bukan orang keuangan, nyari informasi digoogle pun ngg nemu.

Karena penasaran, coba diutak-atik manual dan akhirnya dapet perhitungan yang mendekati simulasi hasil generate bukalapak dan shopee, meski beda selisih beberapa rupiah doang. Jadi, dengan rumus asal yang saya pake itu ngg sama bunganya, untuk cicilan 3 bulan kena bunga 3.51%, 6 bulan kena 2.5% dan 2.1% untuk cicilan 12 bulan. Inget ini pakai rumus asal, jadi bukan claim untuk menuduh atau apapun loh.

Nah sesuai judul post ini, buat yang pengen nyoba iseng ngitung simulasinya, bisa nyoba pake perhitungan dibawah ini. Gimana cari ngitung manualnya? tinggal CTRL+U dan liat aja sendiri yah. Oh ya, yang diinput jangan hanya harga barang, tapi total keseluruhan transaksi, misalnya +biaya ongkir, asuransi, packing, dst.

Harga Barang

Lama Cicilan

Cicilan /bulan:
Total:
Selisih (bunga):



Saya belum nyoba layanan cicilannya, karena #ngeRIBAnget, jadi jangan tanya apapun soal itu, saya juga ngg tahu gimana prosesnya, dll. Dan buat yang muslim, saya sarankan untuk membaca post saya selanjutnya disini: ngeRIBA semudah sentuhan jari


Yap, cukup itu saja post kali ini. Terima kasih.
Sonaji, 10:10pm



LABEL: Intermezo , Riba , What I Share